UPN Veteran Yogyakarta Delegasikan 11 Produk Usaha Unggulan Mahasiswa Pada KMI Expo XIV

Sleman- UPN Veteran Yogyakarta mendelegasikan 11 produk usaha unggulan mahasiswa pada Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIV. KMI Expo tahun ini digelar pada 15-17 November 2023 dan berlokasi di Universitas Pendidikan Ganesha, Bali. Danang Yudhiantoro, selaku dosen pendamping dan Kepala UPT PKK mengawal proses persiapan KMI Expo XIV hingga pasca event. Sebanyak 41 mahasiswa dan dosen diberangkatkan ke Undiksha, Bali pada tanggal 13 November 2023 dan tiba kembali di UPN Veteran Yogyakarta di tanggal 18 November 2023. Kontingen UPN Veteran Yogyakarta berhasil membawa pulang Juara 2 cabang lomba pendukung poster katalog usaha yang diwakili oleh kelompok usaha Baskara. 

“Senang, bangga juga, Baskara berhasil membawa pulang juara 2 lomba pendukung poster katalog usaha. Semua jerih payah bisa terbayarkan di momen itu. Proses yang tidak singkat, dimana Baskara perlu 3 kali percobaan untuk bisa sampai di titik ini. Semua perjalanan itu terbayarkan di setengah jam penganugerahan itu,” ungkap Tiyo, ketua kelompok usaha Baskara.

KMI Expo adalah ruang bertemunya mahasiswa wirausaha seluruh Indonesia untuk saling berkompetisi, memperkenalkan produk dan membangun jejaring, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Produk usaha tersebut haruslah produk yang dinyatakan lolos pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) tahun 2023. 

“Tahun ini sebanyak 372 perguruan tinggi se-Indonesia hadir di Singaraja, Bali untuk mengikuti KMI Expo. Diperkirakan ada 4000 lebih mahasiswa yang berpartisipasi, serta pihak Undiksha menyediakan sekitar 500 stand,” ujar Tiyo yang sekaligus menjadi salah satu koordinator mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta pada KMI Expo XIV. 

UPN Veteran Yogyakarta mendelegasikan 11 produk usaha dari masing-masing bidang perlombaan, diantaranya Kembang.in, MegaPuff, Baskara, Studentic, Graha Cita, Niskalamerta, Harumangi, Clucktopia, Expert Us, Hanenda, dan Biskendul. Sebelas produk usaha tersebut dibagi ke dalam 2 stand yaitu stand utama dan stand pendamping. Untuk stand utama diisi oleh tim yang lolos KMI Award, yaitu Kembang.In dan Megapuff, serta tim yang mengikuti lomba pendukung yaitu Baskara, Studentic, Clucktopia, dan Graha Cita. “Kita dibagi menjadi berbagai tim, diutamakan pada tim KMI award. Proses pengawalan lomba dengan ditekankan pada tim, mentor, dan dosen. Apakah sudah di titik medium, atau high. Kemudian diserahkan sepenuhnya kepada mentor bagaimana mereka mengarahkan tim tersebut untuk inovasi dan improvisasinya. Selain itu, UPN berusaha menambah satu stand, agar seluruh tim lolos pendanaan P2MW bisa ikut serta pada KMI Expo XIV,” ujar Tiyo

 

 



Share: