UPN Veteran Yogyakarta Delegasikan 11 Produk Usaha Unggulan Mahasiswa Studi Banding pada Science Techno Park Universitas Hasanuddin, Makassar

Sleman- UPN Veteran Yogyakarta Berkunjug melalui kunjungan industri ke Science Techno Park, Universitas Hasanudiin pada Hari Senin, 30 Oktober 2023. Jumlah peserta kunjungan ke Unhas ini sebanyak 18 Orang dengan 11 Mahasiswa Pelaku Usaha inkubator bisnis dan 9 Dosen pembimbing.

Rangkaian acara kunjungan terdiri dari sambutan oleh Sambutan Ramah Tamah oleh Ketua UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Bapak Danang Yudhiantoro, S.E, M.Si yang memaparkan adanya kondisi Inkubator Bisnis UPN Veteran Yogyakarta yang terdiri dari 11 orang Inkubator bisnis dalam berbagai bidang, yakni makanan, Industri Kreatif, Jasa dan perdagangan, dan Budidaya.Bapak Danang berharap dapat belajar dalam kemajuan UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan yang masih dalam skala minim untuk bisa lebih baik dalam kedepanya. Hal ini pun Disambut hangat oleh wakil dari Kasubdit Inkubator IBT-STP Unhas Bapak Afdal, S.E, M.Sc. Ph.D. Sambutanya, Bapak Afdal juga memaparkan kondisi Science Techno Park Universitas Hasanuddin. Beliau juga menceritakan bagaimana sejarah dan asal muasal penerapan inkubator bisnis di Universitas Hasanuddin.Pertukaran ide dan pengalaman semakin terbuka melalui tanggapan positif dari Bapak Afdal, wakil dari Kasubdit Inkubator IBT-STP Unhas. Dengan menggali penerapan inkubator bisnis di Unhas, peserta kunjungan mendapatkan perspektif yang lebih luas tentang perkembangan dunia bisnis di lingkungan akademis. Di akhir kalimat, Beliau berharap dengan adanya kunjungan industri ini, dapat meningkatkan kualitas dari para pelaku Inkubator bisnis baik Unhas maupun UPN untuk kedepanya.  

Setelah selesai pemaparan materi, dilanjutkan dengan mengunjungi pabrik olahan industri dalam Science Techno Park. Diantaranya adalah pabrik olahan kopi yang memfokuskan dalam olahan kopi robusta. Akan tetapi dalam pengolahanya juga tersedia olahan kopi toraja yang khas dari pulau Makassar. Selain itu juga terdapat olahan Coklat yang diambil dari petani coklat langsung dari sekitar daerah Unhas. Usaha ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa pelaku usaha inkubator bisnis UPN dan dosen pembimbing. Mereka dapat melihat langsung bagaimana inovasi dan kolaborasi dapat menghasilkan produk-produk berkualitas. Coklat-coklat ini diolah dan dipasarkan dengan merek Coklat unhas yang sudah banyak sekali penawaranya di provinsi. Unhas juga memproduksi alat dalam pembuatan olahan susu yang dijual dalam bentuk botolan. Selain itu, terdapat produk-produk sampingan berupa air mineral dan minyak kelapa. 

Dengan harapan dan semangat kolaboratif yang tumbuh selama kunjungan industri ini, diharapkan bahwa UPN Veteran Yogyakarta dan Unhas dapat terus berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inovasi di bidang kewirausahaan. Masing-masing institusi diharapkan dapat mengembangkan inkubator bisnisnya dengan lebih baik, menciptakan peluang-peluang baru, dan merangsang pertumbuhan ekonomi di wilayahnya masing-masing.

Share: